Thursday, March 29, 2012

A Few Good Men

BY 69HUM dot com IN , No comments


Bukan pengen ngomongin soal pilemnya si tom kurus..demi mor ama si jek nicholson nih…hanya share pengalaman ketemu orang2x baek. Critanya kan pengen nonton pilem di 21 Lippo, kebetulan di jalan dah masuk waktu sholat dhuhur jadi mampir dulu ke masjid passimall. Nah, pas sampe’ parkiran Lippo, bini baru tersadar kalo’ tadi dompet ketinggal di masjid…yahh..ilang deh mesti…soalnya dah lumayan lama sekitar 30 menitan.

Sempet berdebat sebentar ama bini…(soale dah 4x kejadian ilang dompet…hehhe…) …dah di ikhlaskan saja…paling juga dah ditemu orang. Tapi mikir di dalemnya ada beberapa kartu penting…yang kalo’ ilang ribet juga ngurusnya, jadi akhirnya diputusin balik lagi ke mesjid. Pas sampe’ sana di TKP dah bersih…dompet gak keliatan bekas apalagi baunya..hihihi…alamat beneran ilang deh… Trus nanya ke tukang2x jualan di depan mesjid. Gak nyangka bener ama jawabannya…”oo..iya..td temennya yg jualan bubur nemuin tu dompet, trus sekarang lagi nganter ke rumah, tadi sempet buka isi liat KTP” wuiihh..surpise juga ndengernya…baek ati bener ntu penjual bubur yah..Alhamdulillah banget.

Akhirnya kita telp si tukang bubur itu ‘n minta balik aja ke mesjid. Langsung aku tanyain bini..ada duit brp dalem dompet..? gak inget persis…lupa lupa cuman inget kuncinya…halah…hihihi.. Takbilangin..ntar berapapun isinya…kasih smua ke tukang bubur…soalnya dah Alhamdulillah banget ada yg nemuin…mau nganterin ke rumah lagi…jadi mungkin itu bukan rejeki kita tapi rejekinya si tukang bubur.

Singkat cerita akhirnya kita ketemuan di mesjid tadi, dan yang bikin tambah kagum ketika ntu tukang bubur bilang..”wah, minta maaf tadi ya Pak..Buk….saya lancang mbukain dompet ..minta tolong di cek dulu ada yg kurang nggak..” Whuahh…padahal aku tau persis..buka dompet kan buat nyari alamat di KTP…mmm…salut deh..
Sebenernya di TKP yg sama pernah kejadian juga yangg mirip2x…bedanya yg ketinggalan bukan dompet….tapi leptop ku…halah..kok bisa …hihihi… Critanya sih dah cukup lama dulu..pas awal kerja. Jadi masih belom ada anak bini..hehe. Habis pulang kerja..dah agak malem jam 8-an…biasa anak kost…makan malem mampir dulu ke warung tenda samping mesjid passimall…dibungkus bawa pulang. Pas pesanan selesai..bayar…pulang…yang di samber cuman plastik kresek isi pecel lele, tas leptop malah kelupaan…dan lebih konyol lg tetep gak inget sampe’ rumah..makan…tidur…sampe bangun pagi…beraktivitas biasa sampe’ jam 9 pagi baru inget pas bersihin kamar…loh…task u kemana ya..? whuaaddoohh…semalem ketinggal di warung pecel lele…gubrakkks…

Langsung tancep gas ke lokasi. Karena jualannya malem so pasti siangnya tendanya aja udah gak berbekas…apalagi bau lele gorengnya…halah…ilang deh… Iseng2x nanya ke warung yg jualan di sebelah mesjid…kebetulan yg jualan penjaga mesjid situ….suurprisssseee…. dia keluarin tas item butut isi leptop yg seketika berubah jd tas kinclong kulit buaya di mataku…whuaaa……Alhamdulillah…masih rejekiku ntu tas leptop. Gak habis2xnya ngucaapin makasih ke bapak td…berhubung anak kost…ngrogoh kantong ngeluarin uang sekedarnya yg hampir ditolak ama si bapak kalo’ gak dipaksa.

Mmm…sebenernya masalah ilang barang dah berkali2x…ntah emang ditakdirin jalan critanya gitu atau karena ceroboh ya..?? Kalo’ bini..seperti di atas tadi..dah 4x ilang dompet..satu kali ama tas2xnya…’n smuanya Alhamdulillah balik lagi…suatu kebetulan kah…?? Atau…miracle..??

Yang pertama kali ilang di bus malem menuju Jakarta..ditemuin ama security kantoran apa lupa.. di daerah pancoran…kebetulan dia satu bus pas malem itu ‘n nemu dompet jatuh. Pagi2x nelponnya ke aku…”Pak..saya nemuin dompet bapak..semalem kejatuh di bus”…perasaan aku semalem tidur nyenyak deh di my bed of roses…dompet masih ada di kantong…salah kali… Ternyata usut punya usut di dompet bini ada kartu namaku…jadi si bapak taunya dompet punyaku…padahal waktu itu status belom jadi bini loh…masih jd sephia …hihihi…

Kasus berikutnya dompet bini jatuh pas pulang kerja…disisir balik napak tilas..tetep gak nemu. Akhirnya nyerah…sempet laporan polisi buat surat keterangan ngurus kartu2x dlm dompet..blockir atm ‘n kartu kredit. Trus iseng2x nyamperin ke pos2x ojeg sekedar nanya ‘n ninggalin kartu namaku dg pesen kalo’ nemu dompet silahkan hubungi saya… Hasilnya sungguh hebatt…spektakkuler.. keesokan hari aku di telpon ama security tempat kerja..kebetulan hari itu libur. Security ngasih info bahwa ada org nelpon nemuin dompet yg ilang….whuahh…kerja tukang ojeg ternyata lebih cepet dari polisi yak….hiihiihi…pak polisi sampe’ berita ini diturunkan..halah… blm ngasih kabar apapun tentang dompet ilang…persatuan ojeg cuman makan waktu semalem…topp…Alhamdulillah dompet balik.

Kasus selanjutnya istri ilang tas..isi dompet..ada kunci rumah segala…nah ini yg gawat..alamat tidur di luar nih…pintu rumah sendiri gak bisa di buka…whuahhh…untungnya kunci cadangan kesimpen satu di tas kerja. Pengalaman kejadian sebelumnya..kita gak langsung lapor polisi. Langkah cepat langsung nyebar kartu nama sebanyak2xnya ke tiap pos ojeg. Hasilnya…sesuai harapan…Alhamdulillah..pagi datang ke tempat kerja…di papan security dah tertulis pesen…ada yg telpon nemuin tas cewek..hub pak anu..sopir angkot jur anu no polisi sekian…alamat di pangkalan angkot haji anu…wwhuiihh…komplit plit..infonya. Trus inget…dulu aku pernah recruit driver mantan sopir angkot jurusan yg sama…wahhh..kebetulan. Aku panggil anaknya…tak bajak sebentar buat nganterin ke pangkalan angkot yg dimaksud. Yup..tepat sasaran. Sebagai mantan sopir angkot..dia disambut meriah di pangkalan. Temen2xnya pada berlomba ngasih info org yg nemuin tas. Ketemulah akhirnya…sekali lagi Alhamdulillah bersyukur banget…smuanya kembali dengan utuh.

Kalo’ kasus yang kurang heppy ending sih pernah juga…ilang sandal di mesjid…hehe…pasti banyak juga yg ngalamin. Ntah ntu orang yg ngambil salah mencerna ceramah ustadz ato gimana. Ustadz kan selalu bilang…ambillah yang baik2x..dan tinggalkan yang jelek. Hasilnya berangkat ke mesjid pake sandal jelek..pulangnya bawa yg bagus…halah…kekkeke…

Crita pertama pas jaman kuliah dulu. Pas trend pake sandal gunung. Ikutan beli merk carv*l. Pas waktu itu ada ceramah ustadz rocker..Harry Mukti di mesjid fakultas teknik. Antusias ikutan ceramah sampe’ selesai…sandal kok gak ada..masih berharap ada org yg pinjem buat wudhu. Di tunggu sampe’ org habis sambil ditemenin sama Harry Mukti (mungkin ngerasa ikut tanggung jawab ngilangin…hihihi..) tu sandal gak muncul jg…akhirnya pulang nyekerr…nasib..nasib…padahal umurnya baru beberapa hari.

Besoknya beli lagi sandal yg persis sama. Lumayan bertahan cukup lama. Sampe pas KaKaeN, sandal favorit jadi dipake’ kemanapun. Di tempat pak lurah baru sehari…ada yang naksir ngembat ntu sandal di depan rumah. Mo ngomong ama pak lurah gak enak hati, sampe’ akhirnya pak lurah tau dari temen2x.

Pak lurah bilang..”sampun mas, ngenjang mesti balik sandale”...dengan nada yang cukup meyakinkan.
Dalam hati sempet analisa kemungkinan…pertama, jangan2x karena malu, pak lurah mo mbeliin sandal baru…tambah gak enak nih. Kemungkinan laen, pak lurah dah tau anak2x nakal di situ jd yakin siapa yg ngambil trus maksa tu preman mbalikin…ato malah pak lurah tu boss-nya preman kampung sana ya…??hihihi…maap pak..
Esoknya…yup..di depan pintu dah ada sepasang sandal…mirip punyaku yg ilang kemaren…ehh…emang bener punyaku…bedanya punyaku dah butut..kotor…kalo’ yg ini kinclong…habis dicuci bersihhh…hampir kaya’ baru… Ntah analisa yg bener seperti apa tentang action dari pak lurah..hehhe…yang penting Alhamdulillah sandal balik. Cuman ternyata itu sandal nggak berumur panjang di kakiku. Habis kakaen..sandal itu ilang jg diambil orang pas jum’atan di mesjid kampus…yachh…memang bukan jodoh di kakiku kali ya…?? Semoga jodoh dan bermanfaat di kaki yang ngambil..Amin..

Ketemu orang baek yang paling mengesankan adalah pas kecelakaan beberapa tahun yang lalu, yang cukup lumayan parah dikit…halah… tangan kiri patah..dikit..tulang pipi retak..dikit…pendarahan dalam rongga pipi..dikit… Point-nya adalah tentang orang yg nolongin sesaat setelah kejadian…yang tdk juga teringat sampe’ sekarang. Dia adalah sesorang security di jababeka. Pas abis apel pagi keliling..nemu ada orang terkapar di pinggir jalan. Sebenernya dah ada beberapa orang yg ada di TKP sebelumnya, tapi dia yang menawarkan diri ngurusin korban (saya -red), bawa ke rumah sakit, sampe’ mberesin smua barang bawaan. Salut banget ketika dia cerita setelah nganter ke rumah sakit, mendata semua barang bawaan..dicatet..tas isi leptop, henpon 3 biji, dompet, kunci mobil, (kebetulan sebenernya pagi itu dah ambil kunci mobil, tp berubah pikiran bawa motor) semuanya dia rapikan, dimasukkan ke dalam 2 tas kresek gedhe…didata disaksikan security rumah sakit. Semuanya komplit…kecuali ballpoint yg kececer ntah kelempar kemana.

Pas maen ke rumahnya, ketemu sama anak istrinya, kebetulan ke situ saia juga sekeluarga ama anak bini ‘n bulik, rasanya kaya’ ketemuan ama sodara aja..nyaman banget…ngobrol panjang lebar gak kerasa 3 jam lebih. Pasa mo pamitan pulang bini sempet ngasih sekedar uang belanja ke istrinya…ditolak mentah2x…dikasih ke anaknya…diselipin ke kantong…di kejar dibalikin lagi…pokoknya ngomong sudah sangat seneng kita maen ke rumahnya…dan bahkan dia merasa sedih kalo’ kita tetep maksa ngasih. Wwooww…begitu mulianya bapak ‘n keluarga ini..orang biasa..hidup sederhana…tapi jiwanya sungguh mulia… Mereka cuman berharap kita mau menjalin silaturahmi…nambah keluarga baru buat mereka…mmm…nggak bisa ngomong lagi deh kita…

Mudah2xan masih banyak orang di luar sana yang berhati mulia. Biar tambah banyak org berhati mulia, marilah kita mulai dari diri kita masing2x untuk memulai hal yang baik dengan cara apapun dan hal yang sekecil apapun yang penting berguna bagi orang lain…mulai sekarang juga.

Mari kita akhiri ceramah kali ini dengan mengucapkan…Alhamdulillah….loh…kok malah kaya’ lg khotbah…hehhehe….wizz ahh pokoknya…panjang amat yak critanya... LIFE IS TOO SHORT TO LIVE. SO, THINK GOOD, SAY BETTER AND TRY 2 DO THE BEST THEN THIS WORLD WILL BE MORE BEAUTIFUL to you...

Salam,
HUM

0 comments:

Post a Comment