Tuesday, March 6, 2012

Antara Gowes, Politik dan Mencret

BY 69HUM dot com IN , No comments



Duhh...sebenernya bingung mau dikasih judul apa ni tulisan ya..?
Tiga hal yang sama sekali tidak berhubungan tapi ternyata bisa ditarik benang merahnya "sama-sama kotor" :)

Lho kok bisa begitu..?
Sebenarnya begini...kenapa bisa begitu..?
Haduuhh...maksudnya begini lho...ini sebenernya mau crita gowes weekend ini, tepatnya hari Sabtu, tanggal 3 Maret 2012 jam 4.07 pm (waktu endolmondol). Kenapa begitu penting nyebut tanggal ya.? Ya..iya lah..masak makan kedondong...mending makan bakso....hihihi... Pentingnya tu gini..soalnya ntar buat nyambungin benang merahnya tadi tuh..hehehe....

Jadi critanya gini...(lah dari tadi nggak mulai-mulai critanya...tidurr ahh..zzzz...)
Dahh...bangun...mulai crita beneran ni...
Dengan dilatarbelakangi informasi dari berbagai sumber baik itu dari radio, situs jejaring sosial, maupun dari mulut ke mulut (wuiihh..baunya..) mengenai situasi jalanan di Cikarang yang macet dimana-mana yang sudah langganan kecuali Sabtu-Minggu, na..ini ni yang di luar kebiasaan, ada apakah gerangan..?
Dari sumber yang cukup terpercaya tersiar kabar bahwa hari Sabtu, 3 Maret 2012 pas giliran kampanye pasangan calon Bupati Bekasi, duet maut "DAHSYAT". Kampanye dipusatkan di Lippo Cikarang dan informasinya si Doel & Oneng menghadiri perhelatan politik tersebut.

Kabupaten Bekasi memang sedang akan menyongsong satu perhelatan akbar pemilukada nanti pada hari Minggu, tanggal 11 Maret 2011.(nah..mulai keliatan benang merahnya kan..?)
Trus..dengan benang ini, tarik ulur politik makin keliatan..kira-kira siapa yang bakalan putus duluan...(hadehh..kok jd nggak nyambung..hihi..)
Pointnya..dengan adanya perhelatan "DAHSYAT" tersebut, kemacetan yang "biasanya" terjadi juga di hari Sabtu yang luar biasa "DAHSYAT" ini.


Akhirnya sore itu menyempatkan diri untuk coba menelusuri jalanan "baru" yang di claim Bupati "beton". Tracking yang tercatat oleh ondel-ondel yang suka ngadat adalah seperti berikut ini :




















Total perjalanan 31.4 km ditempuh dalam waktu 2h09m36s, begitu menurut catatan si endogodog..(kasian amat ni program ya..punya banyak a.k.a :)

Rute dimulai dengan menyusuri jalanan dengan beton yang belum genap seumur jagung, mengutip pernyataan warga dengan tag cpgDroid - Mon, Jan 16, 2012 at 9:56 AM:  
"Selarik jalan sepanjang kurang lebih 700 meter itu saat ini baru berumur hitungan minggu.... dan sudah tertidur pulas tidak kurang dari 24 buah alias dua lusin pulisi di atas nya
(Dihitung hari Sabtu pagi bersama gank sepeda mattel)"

Jalanan beton yang "dimanfaatkan" menjadi komoditas politik salah satu pasangan yang bakalan bertanding tanggal 11 nanti. Kira-kira apa ya makna spanduk di bawah ini.?


Oke deh...kita tinggalin bupati (berkepala) beton...lanjuttt....
Menjelang km 2, di atas jalanan yang beton juga, terlihat air menggenang di tengah jalan padahal perasaan tidak habis turun hujan gedhe deh...tapi nyatanya kok jalanan banjir lokal gitu ya..? Makanya biar tidak cuman pakek perasaan..kita lihat bentar yokk...

Ini jalanan yang tergenang tadi
Telusuri lagi deh coba liat sumbernya dari mana..wah, ternyata berasal dari sini ni...perasaan pas gowes sebelumnya ini sawah yang hijau deh...kok sekarang jadi empang yak...(makanya jangan pakek perasaan mulu..:p)

Sawah jadi Empang
Dengan melihat jarak yang cuman selemparan apem dari rumah..nggak nyampe 2km, potensi air mbleber kemana-mana ni, meskipun emang kalau dilihat dari altitude si ondemande ni lokasi lebih rendah 3-4m.

Kita lanjut lagi menyusuri jalanan yang "masih" beton (Alhamdulillah banget yah punya Bupati "beton"). Pas sampai jembatan Tegaldanas yang melintasi kalimalang dan toll Jakarta-Cikampek, terlihat kepadatan mobil yang antri saling menunggu giliran...wah, efek "DHASYAT" sampai sini juga ya..
Mengutip pernyataan warga KDM - Sat, Mar 3, 2012 at 5:29 PM : 
"Saya butuh 1 jam untuk melewati jembatan tegaldanas. Jadi lengkap sudah hari ini, berangkat terjebak macet keluar tol cikbar, pulang terjebak di tegaldanas. Lewat tol atau tidak, sami mawon :-("

Hmm...ternyata efeknya nyusahin banyak orang juga ya..malah sebelumnya ada yang sempet misuh-misuh juga..
Sat, Mar 3, 2012 at 2:47 PM : 
"Kampanye kampret....smoga tiap kali mau ada kampanye ujan gede...biar pada enga jadi, belum mimpin aja udah nyusahin banyak orang dasar kampret.."

Jembatan Tegal Danas
Perjalanan kembali dilanjutkan. Kali ini kita tinggalkan sejenak jalanan beton hasil claim pak "beton". menyusuri jalanan tanah berlumpur sepanjang kalimalang seberang jalan beton. Nah...jalanan kotor ajrut-ajrutan ini yang seringkali malah dicari oleh oknum goweser, entah maksudnya apa, nggak habis pikir, hanya menyiksa diri sahaja...:D

Potong kompas akhirnya menuju lokasi kampanye dilaksanakan yang ternyata sudah selesai acaranya saudara-saudaraku yang berbahagia. Tinggal sisa-sisa sampah berserakan di mana-mana. Maklum..ternyata hari memang sudah mulai senja, sang mentari perlahan-lahan mulai bersembunyi ke peraduannya. 

Dengan gowesan melambai bak pohon nyiur ditiup angin pantai yang sepoi-sepoi, akhirnya puter jalur ke jalan raya, pengen lihat juga suasana atas jembatan toll Cikarang Barat pasca kampanye. Diiringi suara deru mobil dan  motor dengan asap yang mengepul ke udara, akhirnya sempet nangkring juga di atas jembatan layang tepat di atas pintu masuk toll gate. Dan..apa yang terlihat sodara-sodaraku sekalian...kemacetan panjang belum terurai juga..hmm..sedemikian "DAHSYAT"nya kah efek kampanye ini..? sepertinya gak kalah dengan efek pendudukan toll gate oleh demo buruh beberapa waktu yang lalu.

Di atas jembatan layang pintu toll Cikarang Barat
 
Senja mulai tambah menua, lampu jalanan mulai menyala. Gowes kita lanjutkan dengan sisa-sisa tenaga menuju titik nol lagi. Pas di depan seuah toko buku dan alat tulis terlihat penjual sop buah segar yang terlihat menggoda (pokoknya yang deket-deket dengan buah apalagi seger pasti menggoda deh:). Pit Stop akhirnya diputuskan untuk menikmati segernya racikan es buah. Dengan semangat 45 sampai 69 :) apalagi dapet pesan singkat habis maghrib ada undangan aqiqah di tetangga, dalam waktu singkat ludes sudah semangkok es buah yang disajikan dengan penuh perasaan oleh si mbak yang jualan buahnya.

Singkat kata singkat cerita, sampailah ke rumah dengan sukses. Bersih-bersih badan yang belepotan dan seterusnya..dan selanjutnya...mengejar tetangga yang sudah duluan berangkat ke undangan. 
Semua urutan cerita sukses dijalani, tinggal satu hal yang menyusul kemudian. Tiba-tiba...mak bedunduk..kok tersa mules ya ni perut....akhirnya terjadilah ritual yang bikin rugi orang PDAM...buang-buang air..haduhh...
Ritual yang bikin badan lemes..tulang seperti mau lepas karena dehidrasi. Hari minggu seharian badan gak karuan, mana ada acara arisan ibu-ibu lagi di rumah. Jadi klop lah...ngendon di kamar sambil nahan melilit...sambil tutup telinga pake bantal ndengerin suara emak-emak ngerumpi gak habis-habis...:( 
Senen terpaksa masih perpanjangan waktu di rumah...my body is not delicious today...kurang kecap kalee..:D

Sepertinya selesai sudah akhir cerita yang gak jelas ujung pangkalnya ni..upppss...cuman mana benang merahnya ya..?? kok belum nyambung juga judul ama isinya yakk..?? Jadi apa hubungannya antara Gowes, Politik dan Mencret..?!

Oke deh...kita lihat ke atas lagi yak...
Antara Gowes, Politik dan Mencret tu "sama-sama kotor"...kagak percaya kita lihat yang satu ini..

Sepeda Jorok
Gambar di atas adalah contoh goweser yang jorok. Habis ajrut-ajrutan lumpur, tunggangannya dibiarin belepotan gitu, orangnya gak tau kayak apa wajahnya...:)

Lalu kalo' politik..? Seringkali kita dengar orang bilang bahwa politik itu kotor, politik uang..karena uang kotor muncul istilah money laundry alias cuci dhuwit...haduuhh...mending nyari buah buat cuci mulut yak..:)
Nah..kalo' benang merah sama-sama "kotor" ini kita coba lihat dari sisi bener-bener harfiah. Coba lihat dimana-mana tempelan poster, spanduk, baliho atau segala macem iklan kampanye kandidat Bupati yang langsung atau tidak membuat kotor lingkungan kita sekaligus merusak pemandangan.

Poster Pemilukada
Untuk benang merah yang terakhir..."Mencret"...rasanya tidak perlu diberikan ilustrasi gambar yah...sudah cukup kotor dan jorok untuk sekedar dibayangkan..hehhehe...

Salam Gowes,

It's All About Bicycle

0 comments:

Post a Comment